ENAM SISWA MAN 2 LEBONG IKUTI KOMPETISI SAINS MADRASAH (KSM) TINGKAT KABUPATEN

 

kemenaglebong.com (MAN 2 Lebong). Sebanyak enam siswa dari MAN 2 Lebong mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten. Sabtu, 13 Agustus 2022 menjadi hari yang sangat penting bagi MAN 2 Lebong. Hari dimana enam siswa yang ditunjuk sebagai perwakilan madrasah guna melangsungkan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten. Adapun mata pelajaran yang dilombakan pada KSM tersebut diantaranya, Biologi, Kimia, Fisika, Ekonomi, Geografi, dan Matematika. Pelaksanaan KSM dipusatkan di MTs Negeri 1 Lebong. Berkesempatan hadir untuk meninjau Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Lebong dan didampingi oleh Kasi Pendis Kemenag Lebong dan Kasi Bimas Kemenag Lebong. Sabtu(13/08/2022)

Setelah sebelumnya dilakukan KSM tingkat satuan pendidikan, kemudian terbentuklah tim yang terdiri enam siswa dari MAN 2 Lebong. Adapun keenam siswa tersebut beserta guru pembimbingnya adalah, Abid Nayiro Firel dengan guru pembimbing Jei Dahliah, S.Pd pada mapel Matematika, Heru Eka Saputra dengan guru pembimbing Asmi Astuti, S.Pd pada mapel Fisika, Amelia dengan guru pembimbing Rika, M.Pd pada mapel Kimia, Fika Amelia dengan guru pembimbing Emi Suswati, M.Pd pada mapel Biologi, Zarmita dengan guru pembimbing Ahmad Sutopo, S.Pd pada mapel Geografi, dan Erfansyah dengan guru pembimbing M. Thoha, S.Pd pada mapel Ekonomi.

Berbagai persiapan termasuk doa, telah dilakukan guna menghadapi KSM tingkat kabupaten ini. “Guru pembimbing telah memberikan dampingan dan bekal yang kami rasa sangat matang dalam kita menghadapi KSM tingkat Kabupaten ini. Terlepas apakah nanti hasilnya sesuai dengan apa yang kita harapkan atau tidak, tapi KSM ini telah memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi kami”, ungkap para siswa. Di temui di tempat terpisah, para guru pembimbing juga mengatakan telah melakukan upaya maksimal guna menghadapi KSM tingkat Kabupaten ini. “Bimbingan dan dampingan telah kita lakukan guna mempersiapkan siswa menghadapi KSM tingkat Kabupeten ini. Semoga hasil yang keluar nantinya adalah hasil yang sesuai seperti kita harapkan”, Ucap para guru pembimbing.

Ucapan doa dipanjatkan oleh segenap keluarga besar MAN 2 Lebong, pada KSM tingkat kabupaten yang juga diikuti oleh tim dari MAN 2 Lebong. KSM dilaksanakan secara Online dan dapat berjalan dengan lancar. Seluruh siswa MAN 2 Lebong telah mengikuti dan tinggal menunggu pengumuman untuk lolos ke babak selanjutnya Harapanya apapun hasilnya yang nanti keluar, MAN 2 Lebong ke depannya semakin baik. Lebih lanjut terkhusus bagi siswa yang mengikuti KSM tingkat Kabupaten, semoga kegiatan tersebut mampu memberikan pengalaman yang kedepanya menjadikan siswa tersebut semakin giat dalam belajar. 

Kepala MAN 2 Lebong dalam arahan kepada peserta KSM, peserta yang sudah terpilih bisa berpacu atau berkompetisi semaksimal mungkin untuk membawa nama Kemenag Lebong khususnya MAN 2 Lebong. Ia juga berharap, dari enam perwakilan tersebut ada yang terjaring untuk maju tingkat Nasional,

Dalam monitoring pelaksanaan KSM, Kepala Kemenag Kabupaten Lebong Arief Azizi, S.Ag, MH mengatakan perjuangan anak-anak masih panjang maka butuh pendampingan oleh guru agar lebih matang. Kami berharap ada perwakilan Lebong yang lolos tingkat provinsi dan maju tingkat Nasional. Dengan begitu langkah menuju medali emas, perak atau bahkan perunggu semakin terbuka,” imbuhnya.

Sesuai isi Juknis Pelaksanaan KSM tahun 2021 disebutkan, setiap bidang studi disediakan medali dengan jumlah total 15 medali baik perak, perunggu maupun emas dan Total medali yang diperebutkan untuk 11 mata lomba sebanyak 165 medali.

Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Lebong

Jl. Raya Jalur Dua Komplek Perkantoran Pemda Lebong-Tubei