GELAR PEMBINAAN JEMAAH MAJELIS TAKLIM,KEMENAG LEBONG GANDENG BIDANG PENAIS KANWIL PROVINSI

kemenaglebong.com(Lebong Humas) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Arief Azizi, S.Ag.,MH didampingi Kasi Bimas Islam Malvinas RNBS, S.IP,M.Pd  membuka acara kegiatan pembinaan majelis taklim. dalam sambutannya  Kakan Kemenag Kabupaten Lebong Arief Azizi, S.Ag.,MH menyampaikan bahwa betapa mulianya seorang guru dan patuhilah guru mu. mengajak masyarakat yang belum mengikuti majelis taklim agar dapat hadir. Rabu,(05/10/2022)

Rizal,MHI  selaku Subkor Penggerak Swadaya Masyarakat menyampaikan permintaan maaf kabid penais dan pemberdayaan zakat wakaf tidak bisa hadir di karenakan ada kesibukan di kanwil terkait pergantian kepala kanwil kepada Ibu-ibu majelis taklim yang hadir di Aula Sakinah Kantor Kemenag Lebong. dalam hal ini kanwil memantau majelis taklim yang ada dan yang masih aktif melalui laporan yang disampaikan oleh kemenag lebong melalui Bimas Islam.

Dengan adanya pembinaan ini di harapkan Jemaah majelis taklim dapat terus berkiprah di masyarakat dari materi yang selama ini didapatkan di majelis taklim. majelis taklim harus mempunyai target pembelajaran yang harus tercapai. dari 91 majelis taklim yang ada di Kabupaten Lebong di harapkan membentuk koordinator/organisasi majelis taklim tingkat Kabupaten agar mudah di data. selain itu kegiatan majelis taklim juga harus dilakukan seperti kegiatan keagamaan, sosial, pembahasan ilmu agama, tajwid, fiqih dan lain sebagainya. di majelis taklim ini mengupas ilmu dari bawah sampai dengan yang tertinggi seperti kehidupan sehari hari sesuai dengan syariat islam yang di ajarkan oleh rasulullah dengan adanya pembinaan dan bimbingan ini

diharapkan majelis taklim dapat menjalankan sesuai dengan perintah dan larangan allah swt. mengajak masyarakat yang belum mengikuti majelis taklim secara bertahap agar dapat menghadiri majelis taklim.

Kemudian bapak Samsu menyampaikan bahwa majelis taklim itu harus sesuai dengan peraturan pemerintah yang ada yaitu pma no 29 tahun 2019 tentang majelis taklim. majelis taklim harus terdata dan terdaftar. majelis taklim harus melengkapi berkas administrasi dimana jika ada bantuan tidak terkendala dalam hal administrasi.

Selain itu bapak Sanusi menambahkan dan menyampaikan bahwa setiap majelis taklim harus mendaftar ke kua kecamatan agar terdata karena jika tidak terdata dan terdaftar di anggap majelis taklim ilegal. majelis taklim juga harus mempunyai silabus dan pembelajaran harus sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan agar penyampaian sesuai dengan urutannya.

Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Lebong

Jl. Raya Jalur Dua Komplek Perkantoran Pemda Lebong-Tubei