MANASIK HAJI MANDIRI PERDIKSI BERANGKAT PADA TAHUN 2025

kemenaglebong.com (Lebong Humas) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lebong melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh menggelar acara kegiatan Manasik Haji Mandiri CJH prediksi berangkat Th. 2025 bertempat di Masjid Agung Sultan Abdullah  Kabupaten Lebong.Rabu(09/11/2022).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Arief Azizi,S.Ag, MH melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Lebong Hj.Yuliana, A.Ma.Pd menggelar acara kegiatan manasik haji mandiri prediksi berangkat tahun 2025,

acara kegiatan dimulai Pada Pukul 09.00 Wib sampai  dengan selesai. yang di hadiri Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Lebong Hj.Yuliana, A.Ma.Pd, dan apanita dari bagian haji.

H.Nursat Gunawan,M.Pd,Selaku Ketua IPHI Kabupaten lebong Sebagai Narasumber dengan Materi Rukun Umroh.

Rukun umroh adalah rangkaian aktivitas yang dilakukan dalam ibadah umroh. Dalam rukun umroh, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan agar ibadah umrohmu sempurna atau sah. Yuk kita  simak 5 rukun umroh berikut!

  1. Niat /Ihram semua kegiatan pasti diawali dengan niat, termasuk ibadah umroh. Dalam ibadah umroh, niat ini diberi istilah ihram.
  2. Tawaf

Rukun umroh selanjutnya adalah tawaf. Tawaf artinya  mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali. Titik awal Thawaf ini dimulai dari Hajar Aswad dan dianjurkan untuk mengusap Hajar Aswad ketika melewatinya. Bila tidak memungkinkan untuk mengusap Hajar Aswad, jama’ah diperbolehkan dengan hanya memberi isyarat berupa lambaian tangan ke arah Hajar Aswad.

  1. Sa’i adalah berlari-lari kecil dari bukit Shafa ke bukit Marwah. Rukun umroh yang satu ini dilakukan sebanyak tujuh kali. Tidak ada doa yang wajib dibacakan, sehingga dalam melakukan Sa’i kamu diperbolehkan untuk memanjatkan doa yang diinginkan.
  2. Tahallul adalah bermakna melepaskan diri dari larangan ihram seperti mencukur rambut  atau menggunting rambut paling sedikit tiga helai rambut.
  3. Tertib dalam Rukun umroh memiliki Maksud bahwa para jama’ah ibadah umroh harus melaksanakan segala rukun umroh satu persatu atau sesuai urutan dan aturan yang ditetapkan. Pastikan ketika melaksanakan rukun umroh kamu tidak boleh melewatkan atau melompati rangkaian ibadah umroh.
  4. Darul Maukup S.Ag MH sebagai Narasumder Dengan Materi sebagai berikut : Perjalanan Ibadah Haji ke Madinah.

Perjalanan Ibadah haji adalah panggilan Allah SWT. Tak satu pun yang berangkat haji tanpa izin dari ridohnya.kerena itu ibadah haji disebut juga sebagai panggilan suci oleh Allah yang maha suci ketanag suci untuk mensucikan diri.

Berhaji bukan semata perjalanan fisik ke mekkah dan madinah, bukan juga perjalanan wisata, meski pada dasarnaya banyak kunjungan ziarah di dua Tanah Haram, Mekkah dan Madinah tujuan utama haji adalah muniakan rukun Islam yang kelima bagi orang yang mampu,baik secara finasial maupun fisik dan  mental.

Calon Jemaah Perdiksi berangkat pada tahun 2025 yang hadir sebanyak 60 orang. Yang di wakili seluruh Calon Jemaah Haji Perkecamatan Kabupaten Lebong. Dan di rencanakan akan mengadakan pertemuan yang ke IV pada bulan Desember 2022.

Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Lebong

Jl. Raya Jalur Dua Komplek Perkantoran Pemda Lebong-Tubei