Awal Sampai Dengan Akhir Asesmen Madrasah di MTsN 2 Lebong Berjalan Lancar

kemenaglebong (Humas MTsN 2 Lebong)– selama tujuh hari pelaksanaan asesmen di tingkat Madrasah dari hari Selasa, 2 Mei 2023 s.d. Selasa, 10 Mei 2023 dapat berjalan dengan lancar. Hari ini (09/05) pelaksanaan asesmen terakhir dengan mata pelajaran yang diuji adalah TIK dan PJOK dan dapat diikuti oleh seluruh peserta berjumlah 17 siswa yang terdiri dari 7 laki-laki dan 10 Perempuan. Seperti biasanya pada hari terakhir ujian tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah tetapkan yaitu dimulai dari pukul 7.30 WIB s.d. 09.00 WIB untuk mapel pertama dan pukul 09.30. WIB s.d. 11.00 WIB untuk mapel kedua.

Sebelum ujian berlangsung pengawas dan proktor menyampaikan tata tertib selama mengikuti ujian, hal tersebut bertujuan untuk menkoodusifkan ruangan ujian agar tetap dalam kondisi tenang dan lancar. fahrizal hadi dan Ahmad Rusdan Hadis sebagai proktor dan teknisi selalu memastikan server dan hp android siswa sebagai client agar tetap dalam keadaan stabil agar proses ujian tidak mengalami gangguan. Pada saat para siswa sudah masuk pada halaman ujian proktor dan teknisi akan mencetak lembar absensi dari aplikasi yang digunakan sebagai bukti autentik terhadap kehadiran siswa selama menjadi peserta asesmen. Pada proses pengerjaan soal baik pengawas, proktor teknisi selalu bertanya kepada siswa jika ada kendala selama ujian berlangsung dan biasanya walaupun terdapat gangguan atau masalah dalam pengerjaan soal maka akan masalah tersebut akan dibantu oleh proktor madrasah.

Para panitia asesmen berharap kalau ada kendala pada saat pengerjaan soal hendaknya peserta langsung menyampaikan kepada panitia agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan. sehingga para peserta harus dipastikan bisa mengikuti ujian. adapun hal yang sering ditemukan gangguan antara lain soal yang bergambar tidak terbaca hal tersebut biasanya dikarenakan ada kesalahan pada saat memberikan kode pada soal yang telah di upload, tetapi hal tersebut dapat secara cepat diperbaiki dan ujian tetap diberlangsungkan.  

Selain absensi, para proktor dan teknisi juga dapat mencetak berita acara asesmen serta nilai ujian pada saat siswa sudah logout dari halaman ujian artinya berita acara dan daftar nilai hanya bisa dicetak setelah para siswa selesai mengikuti ujian. Setelah selesai mengikuti ujian selama 7 hari dengan lancar, maka selanjutnya panitia asesmen di MTsN 2 Lebong akan menyampaikan laporan hasil asesmen kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong sebagai bentuk pertanggungjawaban secara administrasi. Semua proses asesmen dari awal sampai akhir dapat berjalan sesuai dengan lancar, mengingat asesmen di madrasah juga merupakan ujian akhir bagi kelas IX di tingkat MTs.

“Kepala Madrasah MTsN 2 Lebong, Sri Sayekti, S.Ag. berharap semoga seluruh peserta akan mendapatkan nilai yang baik pada asesmen di tingkat madrasah pada tahun ajaran 2022/2023. dengan nilai yang tinggi para siswa nantinya dapat memilih sekolah lanjutan pada tingkat selanjutnya sesuai dengan keinginan siswa itu sendiri dengan disertai kesuksesan prestasi di dunia akademik. Kami juga terus berusaha ke depan agar pelaksanaan asesmen dapat ditata dengan sebaik mungkin dan serapi mungkin.” Ungkap Sri Sayekti

Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Lebong

Jl. Raya Jalur Dua Komplek Perkantoran Pemda Lebong-Tubei