MAN 2 Lebong Meriahkan Pawai Ta’aruf 1 Muharram 1445 H

kemenaglebong.com (Humas MAN 2 Lebong). Dalam Rangka Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, Kementerian Agama Kabupaten Lebong menggelar pawai ta’aruf yang berlangsung di Lapangan Hatta Muara Aman, Rabu (19/07). Pawai tersebut diikuti oleh seluruh satker dibawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Lebong.

Pawai ta’aruf 1 muharram tahun ini diikuti oleh seluruh siswa RA, MI, MTs dan MA negeri dan swasta, ASN dan Non ASN di lingkungan kemenag kabupaten Lebong, termasuk juga dari sekolah SD dan SMP di lingkungan diknaspora Kabupeten Lebong. Peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kabupaten Lebong bersama guru dan staf tata usaha juga turut serta menyambut kemeriahan perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah.

Pawai dilakukan berjalan kaki dari titik start pukul 08.00 WIB dengan rute lokasi lapangan Hatt Muara Aman menuju kantor diknas Dukcapil – Pasar Muara Aman – Simpang Lebong Donok – Puskesmas Muara Aman lalu kembali finish di Lapangan Hatta.

Hadir di kegiatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong, Arief Azizi beserta jajaran, Polres Lebong, MUI, Pengurus PCNU Lebong, Pengurus Ansor Lebong, tokoh masyarakat, dan calon jama’ah haji tahun 2024.

Kegiatan ini turut dimeriahkan dengan melantunkan sholawat kepada junjungan Nabi Muhammad SAW, grup kasidah, hadroh dan drumband dari perwakilan siswa MAN 2 Lebong, MTsN 1 Lebong dan Ponpes Aswaja Bitang Smilan Lebong.

Dalam kata sambutan Kepala Kemenag Kabupaten Lebong, Arief Azizi menambahkan, dalam momentum 1 Muharram diharapkan dapat mengambil hikmah dari kisah hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Terlebih untuk meningkatkan semangat hijrah ke arah yang lebih baik menuju insan berkualitas.

“sebagai madrasah bernuansa islami, kita madrasah sepatutnya bergembira merayakan tahun baru hijriah. Pawai ini salah satu syiar islam untuk diambil pelajarannya dari kisah Nabi Muhammad SAW ketika hijrah dari Mekkah ke Madinah. Perjuangan Rasul dan Sahabatnya selama perjalanan itu menjadi makna Tahun Baru yang hendaknya diresapi sebagai pelajaran hidup bagi umat manusia,” tutur Azizi.

Mengenakan pakaian serba putih, pawai syiar tersebut berlangsung tertib. Hal itu terlihat dari rapinya barisan siswa/i karena langsung dipantau oleh beberapa pendidik dan tenaga kependidikan yang secara bersamaan juga turut ikut pawai. Selain itu, OSIM MAN 2 Lebong juga turut menjadi panitia pelaksanaan pawai tersebut guna membantu kelancaran kegiatan

Pada kesempatan yang sama pula, Kepala Madrasah Zulkarnain tak lupa menyampaikan Terima kasih atas antusias para peserta didik dan civitas madrasah yang telah ikut memeriahkan pawai ta’aruf untuk menyambut tahun baru islam 1445 H. Menurutnya, pawai tersebut merupakan tradisi tahunan sejak dulu yang hingga kini masih terus dipertahankan dengan tujuan antara lain memperkuat ukhuwah silaturahim dan meningkatkan kepedulian antar sesama.

“Selamat Tahun Baru 1445 Hijriah, terima kasih kepada anak-anakku semua atas antusiasnya memeriahkan peringatan 1 Muharram ini. Bulan Muharram adalah bulan yang spesial karena bulan pembuka dalam kalender Hijriah sekaligus mengandung semangat perjuangan tanpa putus asa dan optimisme yang tinggi dari yang baik ke arah lebih baik lagi. Mari kita jadikan hikmah hijrah ini sebagai momen perubahan menuju pribadi yang berkualitas dan berakhlaqul karimah,” ungkap Nain. (jd).

Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Lebong

Jl. Raya Jalur Dua Komplek Perkantoran Pemda Lebong-Tubei