Peringatan Hari Santri 2023, Kemenag Kabupaten Lebong Lantunkan Sholawat Nariyah di 33 Titik Lokasi

kemenaglebong.com(Lebong Humas)– Menjelang peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong menghimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN)/Non ASN Kementerian Agama dan Tokoh Masyarakat Kabupaten Lebong untuk melantunkan 1 milyar sholawat nariyah yang dilaksanakan di berbagai tempat secara serentak di seluruh Kabupaten Lebong,” Sabtu (21/10/2023).

Himbauan tersebut dikeluarkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong melalui surat himbauan ditujukan kepada seluruh ASN Kemenag dan masyarakat yang isinya sebagai ajakan untuk membacakan sholawat nariyah secara serentak pada hari Sabtu malam minggu tanggal 21 Oktober 2023 dimulai usai sholat isya.

 

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong  Arief Azizi,S.Ag.,MH mengatakan, sebelum pembacaan Sholawat Nariyah, Keluarga Besar Kementerian Agama Kabupaten Lebong melaksanakan Sholat Isya berjamaah. Pembacaan Sholawat Nariyah dilaksanakan di Mesjid, madrasah, dan pondok pesantren yang diikuti oleh seluruh ASN dan Pegawai Kemenag Kabupaten Lebong diantaranya penyuluh agama Islam, pengawas, Tokoh Masyarakat,majelis taklim serta siswa/i madrasah dan santri pondok pesantren. “Mengenai banyaknya jumlah bacaan Sholawat Nariyah, masing orang membaca 100 x sholawat nariyah, yang disesuaikan dengan waktu,” Jelas Azizi.

Agar pelaksanaan kegiatan merata di seluruh Kabupaten Lebong, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lebong  pun sudah membagi-bagi tugas  ke 33 titik lokasi seluruh ASN Kementerian Agama untuk para pejabat Kemenag Kabupaten Lebong dan pegawai Kementerian Agama Kabupaten Lebong tempatnya difokuskan di Ponpens Bitang Smilan Sementara untuk Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah dan Guru melaksanakan di masjid-masjid besar. Sedangkan untuk para Penyuluh Agama Islam Non PNS, guru RA dan madrasah melaksanakan di lingkungan masing-masing.

“Untuk teknis pelaksanaan, saya sudah sarankan kepada masing-masing kelompok agar secepatnya melakukan berkoordinasi untuk persiapan dengan pihak dan pengurus yang ada diwilayah masing-masing,”Ujar Azizi.

Tujuan dari kegiatan bacaan 1 Milyar Sholawat Nariyah ini, sambung Kakan Kemenag Lebong, sebagaimana diketahui bersama bahwa keutamaan dari Sholawat Nariyah ini adalah sebagai do’a untuk menyelamatkan dari berbagai macam bahaya serta penyakit.

“Bacaan 1 milyar Sholawat Nariyah ini adalah do’a untuk keselamatan bangsa. Selain itu, kita juga memohon do’a untuk keselamatan saudara-saudara kita di Negeri palestina. Kakan kemenag Lebong sangat bersyukur atas antusias seluruh peserta dalam mengikuti pembacaan Sholawat Nariyah.  “Alhamdulillah, kegiatan malam ini berlangsung dengan lancar. Selain itu, kegiatan ini kita laksanakan untuk memohon kepada Allah agar keselamatan, kelancaran dan keberkahan senantiasa dianugerahkan Allah SWT kepada kita semua dan seluruh bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Arief Azizi menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung program Pembacaan 1 Miliar Sholawat Nariyah yang dilaksanakan Kemenag RI dalam rangkaian Peringatan Hari Santri Tahun 2023,” Demikian Azizi.

Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Lebong

Jl. Raya Jalur Dua Komplek Perkantoran Pemda Lebong-Tubei