Cegah Pergaulan Bebas Remaja, Guru BK MAN 2 Lebong Berikan Layanan Informasi Bagi Siswa Madrasah

kemenaglebong.com (Humas MAN 2 Lebong) Pergaulan bebas sekarang ini makin merajalela, bukan hanya pada orang dewasa, para remaja dan anak-anak pun bisa saja terjerumus dalam pergaulan bebas ini, jika kita selaku orang tua, keluarga, guru, maupun masyarakat sekitar tidak memberikan Penyuluhan, Informasi maupun arahan yang baik bagi mereka. Menanggapi hal tersebut, Irma Susanti selaku Guru Bimbingan Konseling MAN 02 Lebong memberikan layanan informasi kepada siswa kelas X MAN 2 Lebong, Selasa (13/02) tentang Dampak Pergaulan Bebas bagi Remaja. Tujuan Kegiatan ini membekali para remaja usia sekolah dalam menghadapi kehidupan yang semakin komplek, membantu remaja memahami dan memiliki konsep diri yang sehat, memahami karakter diri dan potensi dirinya dan mampu menyusun harapan hidupnya secara lebih jelas..

Dalam kesempatan ini Ibu Irma menyampaikan kepada para siswa gunakan masa remaja ini dengan hal-hal yang positif karena masa remaja ini adalah masa yang mudah terpengaruh karena pada masa ini rasa ingin tahunya sangat besar. Jika remaja ini sendiri tidak dapat mengontrol diri maka akan berdampak dalam pergaulan bebas. Tidak sedikit kita lihat anak-anak sekolah yang tawuran, mabuk-mabukan, narkoba, bahkan ada juga yang sampai hamil di luar nikah. Untuk itu, anak-anak tetap jaga pergaulan, dengan pertebal keimanan dan ketaqwaan serta isi hari senggang dan libur dengan kegiatan yang positif karena pergaulan bebas sangat berbahaya bagi remaja. Bukan hanya akan kehilangan masa depan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi, pergaulan bebas juga akan menyebabkan pernikahan dini yang akhirnya nanti banyak berujung pada perceraian, Ujar Irma.

“Untuk itu teruslah mengejar cita-cita serta jangan sampai terjerumus dalam pergaulan bebas seperti mengkonsumsi Miras, Narkoba, Sex Bebas, Perjudian, Perkelahian, Mencuri dan perbuatan tercela lainnya. Karena ini bisa merusak masa depan generasi penerus bangsa nantinya”.

Selain itu Irma Susanti, S.Pd.I juga berpesan kepada para siswa dan siswi untuk belajar dengan giat, hormati guru dan orang tua kalian, karena merekalah yang membantu kita semua dalam mengejar cita-cita, jelas Irma.

Dalam kesempatan ini Kepala MAN 2 Lebong Zulkarnain M.Mat menanggapi bahwa Layanan Informasi mengenai Dampak Pergaulan Bebas bagi Remaja ini sangat penting dan sangat mendukung program kerja Guru BK agar para siswa dapat terhindar dari Pergaulan bebas dan pak kamad juga berharap agar Layanan Informasi seperti ini dapat berlanjut, karena kegiatan ini sangat membantu Tugas Guru dalam menanggulangi kemerosotan moral pelajar dan kenakalan remaja, (IS).

Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Lebong

Jl. Raya Jalur Dua Komplek Perkantoran Pemda Lebong-Tubei