Semangat Puasa Tak Surutkan 57 Peserta Didik Man 2 Lebong Ikuti Asesmen Madrasah

MAN 2 Lebong (Humas) – Asesmen adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur kemajuan belajar dan capaian hasil belajar peserta didik terhadap standar kompetensi lulusan (SKL) yang ditetapkan. Kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah ini salah satunya adalah meliputi Penilaian Sumatif yaitu penilaian hasil belajar untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik yang dilakukan pada akhir jenjang pendidikan dan hal inilah yang disebut pula dengan Asesmen Madrasah.

MAN 2 Lebong di tahun 2024 ini kembali menggelar Asesmen Madrasah yang tepatnya dilaksanakan pada bulan maret dari tanggal  18 – 25 Maret 2024, dimulai dari pukul 08.00 – 11.30 WIB dengan dua buah mata pelajaran dan durasi kurang lebih 90 menit untuk setiap mata pelajaran yang diujikan pada setiap harinya. Selain bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan, asesmen madrasah juga dapat berfungsi sebagai indikator capaian perkembangan peserta didik, pemberian umpan balik untuk perbaikan proses pembelajaran dan sebagai salah satu syarat dalam penentuan kelulusan. Dimana ia juga merupakan pengganti Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Nasional (UN).

Asesmen Madrasah meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun lokal. Kepala MAN 2 Lebong Zulkarnain, M.Pmat dalam kesempatan ini mengatakan, penyelenggaraan asesmen madrasah telah diatur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 901 tahun 2023 tentang Standar Operasional Prosedur Penyelenggaraan Asesmen Madrasah. “ Setidaknya ada tiga fungsi asesmen madrasah. Pertama, untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Kedua, sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran pada madrasah, dan ketiga, sebagai salah satu syarat penentuan kelulusan “, tutur beliau.

Ada yang berbeda dari pelaksanaan asesmen madrasah di tahun 2024 ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu dilaksanakannya asesmen madrasah ini tepat pada bulan ramadhan. Dimana kita semua selaku umat beragama islam menjalankan ibadah puasa. Akan tetapi meskipun demikian, tentu saja hal ini bukan merupakan hambatan bagi para peserta didik MAN 2 Lebong untuk tetap melaksanakan asesmen madrasah.

“ Asesmen madrasah yang telah kita jadwalkan pada maret 2024 ini adalah merupakan asesmen madrasah yang sangat istimewa karena dilaksanakan bertepatan dengan kita menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, baik itu bagi para pengawas, teknisi, operator, proktor, maupun para peserta didik kita. Mereka justru semakin semangat menjalankan ujian ini ditunjukkan dengan kehadiran mereka yang selalu tepat waktu sesuai dengan jadwal masuk ujian yang telah ditetapkan oleh madrasah. Puasa bukanlah menjadi halangan untuk mereka mengikuti tugas akhir mereka dalam meraih nilai terbaik dalam penilaian evaluasi tahap akhir ini “, ungkap Zulkarnain.

Dijelaskan beliau bahwa penyelenggaraan Asesmen Madrasah di MAN 2 Lebong adalah berupa ujian praktik dan ujian tertulis. Bentuk soal asesmen tertulis yaitu berupa pilihan ganda yang disajikan dalam bentuk Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) yang berbasis digital dengan menggunakan Computer Based Test (CBT) pada aplikasi e-learning madrasah.“Persiapan penyelenggaraan Asesmen Madrasah, mulai dari penyusunan kisi-kisi soal, penyusunan soal, hingga pengawasan yang dilakukan saat asesmen berlangsung,” sebut Zulkarnain.

Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Lebong

Jl. Raya Jalur Dua Komplek Perkantoran Pemda Lebong-Tubei