Siap Menyambut Kepulangan Jamaah Haji Asal Lebong,Kemenag Lebong Hadiri Rapat Persiapan

kemenaglebong.com (Lebong Humas) – Pelaksanaan Penjemputan Jamaah Haji 1445 H/2024 M. hari ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Arief Azizi, S.Ag., M.H. didampingi Kepala Seksi Penyelenggara Haji Dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Leni Marlena, S.Ag. menghadiri Rapat bersama Pemerintah Daerah Kab. Lebong terkait Persiapan Pemerintah Daerah Kabupaten Lebong menyambut Jamaah Haji asal Kabupaten Lebong dari Tanah Suci Mekkah, acara bertempat di Graha Bina Praja Sekretariat Daerah Kab. Lebong (Rabu, 26/06/24).

Turut hadir Staf Ahli Bupati Kabupaten Lebong Bidang Ekonomi, Kabag Kesra Setda Lebong, Satpol PP Kabupaten Lebong, Dinas PUPR Perhub Kabupaten Lebong, Dinas Perhubungan Kabupaten Lebong, Polres Lebong Diwakilkan Oleh Kanit Lantas Polres Lebong, Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong.

Riskal Efendi, S.H. selaku Kabag Setda Kesra Kabupaten Lebong, untuk jamaah Haji untuk menghindari kemacetan di Benteng karena sedang pembangunan Jalan Nasional kalau mobil bisa sampai 1 jam hingga 2 jam menunggu pergantian kendaraan melalui 1 lajur arus dari Bengkulu maupun dari arah Utara, kita harapkan Polres Lebong untuk pengawalan serta berkoordinasi dengan Polres Benteng agar jamaah tidak terlalu lama menunggu dijalan, untuk ishoma kita akan berhenti di Masjid Agung Arga Makmur makan disana sekaligus sholat ashar berjamaah, kami juga menginstruksikan kepada Satpol PP untuk memperketat pengamanan di Masjid Agung Sultan Abdullah Kabupaten Lebong agar dibuat pembatas satu jalur dari tangga bawah jadi Jamaah langsung masuk Masjid agar tidak ada berdesak-desakan keluarga yang ingin bertemu Jamaah Haji, kami sampaikan juga meminta bantuan Polres Lebong juga untuk menetralisasi lokasi Masjid Agung agar keluarga jangan langsung masuk Ke Masjid Agung, bertemunya nanti setelah kegiatan Penyambutan langsung dari Bupati Lebong atau yang mewakili dengan kesepakatan tersebut kita harapkan berjalan sesuai dengan yang kita inginkan, Pungkas Riskal.

Arief Azizi, S.Ag., M.H selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong, memberi masukan untuk penjemputan ini berlangsung dengan aman lancar, saya instruksikan kepada Kasi PHU untuk memastikan semua apa yang diperlukan dalam menyambut kepulangan jamaah Haji ke Kabupaten Lebong dengan selamat dan lancar, intruksikan kepada Karu dan Karom untuk menyampaikan kepada anggota Jamaah Haji terkait jadwal penjemputan, pemberhentian kita untuk sholat dan penjemputan Koper Jamaah Haji, pastikan tidak ada yang tertinggal lengkap dan jamaah bertemu keluarga dengan sehat menjadi Haji dan Hajjah yang mabrur dan mabruroh, harapan beliau agar Haji dan Hajah Kabupaten Lebong ini menjadi teladan di masyarakat meningkatkan ibadah, iman dan taqwa Kepada Allah SWT. ‘Jelas Azizi.

Sementara Kasi PHU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Leni Marlena, menyampaikan Jadwal keberangkatan Jamaah Haji (JH) telah ditetapkan untuk Koper Jamaah Haji nanti akan dibagikan setelah Jamaah Sampai Lebong, tepatnya tanggal  2 juli 2024 pagi insha allah Koper akan dibagikan di Aula Sakinah Kemenag Lebong,para Jamaah Haji bisa Keluarga jamaah Haji untuk mengambil Kopernya tanpa harus berdesak-desakan bisa pagi hingga sore selama jam kerja Kantor, Pada Senin, tanggal 1 Juli 2024 sebanyak 97 Jamaah Haji (JH) akan sampai di Lebong kurang lebih Pukul 17.00 WIB, dari Asrama Haji Bengkulu kita akan semaksimal mungkin melayani jamaah Haji semoga berjalan lancar.”kata Leni.

Exsa Mandala Dari Dinkes Kabupaten Lebong, telah mendapat telepon dari petugas kesehatan Jamaah Haji Asal Lebong, alhamdulillah sebanyak 97 orang dalam keadaan sehat wal’afiat, ada beberapa yang sedang flu tetapi, sudah kami beri Vaksin Flu untuk mengantisipasi kesehatan jamaah Haji, alhamdulillah bisa teratasi, kita maklumi karena banyak dari jamaah haji yang dalam kondisi lansia bisa jadi hari ini sehat, besok nggak sehat, mohon doanya semoga jamaah Haji dari Tanah Suci Sehat Selalu dan dapat berkumpul dengan keluarganya di rumah. “ Ungkap Exsa.

Zulhendri, S.Sos., M.Pd. selaku Asisten Bupati II Lebong Bidang Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan, mengatakan bahwa Kesiapan Pemerintah Kab. Lebong dalam menyambut Kepulangan Jamaah Haji sudah disepakati bahwa dari Rute yang akan kita lalui melalui jalan Bengkulu Utara, 3 Bus Putra Rafflesia dengan Kapasitas 38 orang siap menjemput Jamaah Haji (JH) dari  Asrama Haji Bengkulu menuju Lebong, Konsumsi Pengamanan Jamaah Haji ketika sampai di Masjid Agung harus diperketat untuk kenyamanan Jamaah Haji insha allah sudah disepakati semoga kita semua diberi kesehatan,kelancaran dalam melayani Tamu-tamu Allah pulang dari Tanah Suci Makkah ke Kabupaten Lebong bertemu keluarganya dengan kondisi sehat dan selamat. “Tutup Hendri.(HR)

Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Lebong

Jl. Raya Jalur Dua Komplek Perkantoran Pemda Lebong-Tubei